Thursday, July 20, 2017

9 Tips Belajar Efektif

Sumber gambar : squiline


Setiap orang pasti mempunyai gaya belajar yang berbeda. Metode yang diterapkan pun berbeda-beda sesuai dengan karakter orang tersebut. Tidak semua individu dapat belajar dengan efektif dan nyaman. Banyak sebagian siswa berpikir bahwa belajar itu membosankan dan melelahkan. Namun, itu SALAH! Belajar itu tidak membosankan dan melelahkan. Belajar itu mudah kalau kita dapat menggunakan metode belajar yang baik dan nyaman. Berikut beberapa tips untuk kalian yang perlu di coba :

1. Belajar kelompok


Belajar kelompok merupakan metode belajar dengan cara berkumpul dan berdiskusi dengan teman kalian. Dengan belajar kelompok, kalian bisa saling berbagi informasi kepada teman dan meningkatkan hubungan baik dengan lainnya. Namun, tidak semua siswa dapat menerapkan metode ini. Ada yang berpikir belajar kelompok itu menyenangkan dan ada juga yang berpikir kalau belajar kelompok itu hanya buang-buang waktu. Bagaimana pendapat kalian nih?

2. Jangan belajar kebut semalam

Sumber : explorandofale

Belajar kebut semalam ini sering dilakukan oleh kebanyakan siswa. Tapi,  mulai saat ini jangan lagi belajar kebut semalam. Belajar kebut semalam bisa membuat kalian menjadi kelelahan dan tidak sehat kemudian harinya sehingga kalian tidak maksimal dalam mengerjakan ujian. Jangan belajar lama-lama, usahakan belajar rutin setiap hari walaupun sebentar, paling tidak minimal 15-30menit setiap hari.

3. Belajar sambil mendengarkan musik

Musik memang dikenal bisa menenangkan pikiran. Belajar sambil mendengarkan musik ini bisa kalian coba dengan memutar lagu kesukaan kalian.

4. Belajar sambil nyemil makanan


Makan makanan ringan seperti snack ini mampu membuat kalian semakin nyaman dalam belajar. Usahakan jangan banyak-banyak dan jangan makan yang membuat kenyang karena bisa membuat kalian mengantuk. Nyemil secukupnya sehingga kalian bisa fresh dan semangat belajar.

5. Belajar sambil menonton TV


Hal ini terdengar aneh tapi tidak disangka, sebagian siswa malah ada mudah menyerap materi dalam belajar dengan menonton. Tapi jangan salfok ya (salah fokus). Caranya yang benar itu saat acara TV dimulai, kalian bisa menonton TV. Saat ada iklan, kalian bisa meneruskan belajar dan seterusnya. Bagaimana? Bisa coba

6. Buatlah mindmap atau ringkasan

Mindmap ini adalah gambaran tentang info yang penting yang ada dalam materi. Kalian bisa meringkas informasi penting yang ada sehingga poin penting itu dapat kita ingat dan kita belajar tanpa harus menghafal. Mindmap ini sangat penting dan cocok untuk siswa yang mudah menyerap materi dengan gambar. 

7. Cari posisi belajar yang paling nyaman

Posisi belajar juga penting. Kenyaman dalam belajar menjadi titik dimana kalian bisa meningkat mood untuk belajar. Semakin kalian nyaman dengan posisi belajar semakin kalian semangat dalam belajar.

8. Cari tempat belajar yang sejuk

Belajar dikamar bisa membuat seseorang jenuh karena pandangan yang terbatas. Kalian bisa coba belajar di ruangan yang terbuka dan sejuk udaranya sehingga sirkulasi menjadi lancar dan kalian semakin mudah menyerap materi yang kalian pelajari.

9. Selalu berpikir positif dan jangan mengeluh

Tenangkan pikiran kalian dan berpikir positif. Anggap proses belajar ini adalah langkah kalian untuk mencari ilmu dan  ibadah untuk Tuhan. Jangan mengeluh dan selalu bersyukur kepada Tuhan. Berpikir positif akan merelaksasi otak untuk mudah menerima materi.

Itulah tips-tips dan metode belajar efektif yang bisa kalian terapkan agar belajar kalian terasa tidak membosankan, lebih nyaman dan menyenangkan. 

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang positif dan dilarang menyertakan link aktif